Rabu, 02 Maret 2011

Pencalonan Nurdin Halid ditolak FIFA.


Bola.net - FIFA menggelar rapat membahas kisruh yang terjadi di PSSI. Salah satu wacana yang diagendakan dalam rapat tersebut adalah melarang Nurdin Halid mencalonkan diri lagi sebagai Ketua Umum PSSI.

Dikutip dari World Football Insider, sumber yang dekat dengan FIFA mengatakan anggota rapat komite Asosiasi FIFA di Zurich, Selasa (1/3) merekomendasikan agar Nurdin tidak lagi mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI periode 2011-2015.



Salah satu dasar penolakan mereka adalah catatan hitam Nurdin Halid yang sempat masuk penjara karena kasus korupsi. Kode etik FIFA melarang seseorang yang pernah terganjal kasus hukum menjadi pemimpin federasi sepakbola, termasuk PSSI.

Saat Nurdin Halid terjerat kasus korupsi dan dipenjara tahun 2007 lalu, komite FIFA sebenarnya telah meminta PSSI untuk melakukan pemilihan Ketua Umum. Namun, permintaan FIFA saat itu tak digubris PSSI dan Nurdin tetap memimpin PSSI dari balik jeruji besi hingga bebas tahun 2008 dan terpilih kembali sebagai Ketua Umum PSSI pada 2009.

Selain membahas Nurdin, FIFA juga meminta segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) yang dibagi dalam dua tahap. Pertama memilih komite pemilihan yang independen berdasarkan statuta FIFA, tahap kedua menggelar kongres pemilihan Ketua Umum.

Juru bicara FIFA yang dihubungi Insider enggan memberi komentar soal materi rapat komite FIFA karena wacana melarang Nurdin mencalonkan diri lagi sebagai Ketua Umum PSSI harus disetujui oleh anggota Komite Eksekutif FIFA. Hasil rapat rencananya akan diumumkan Kamis (3/3) siang waktu Swiss.

Selasa (1/3) kemarin, 84 anggota pemprov dan klub PSSI membentuk Komite Penyelamatan Persebakbolaan Nasional yang membuat mosi tidak percaya kepada Ketua Umum PSSI Nurdin Halid dan mengagendakan Kongres Luar Biasa. (bola/zul)

Tidak ada komentar: